PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN
Ø Pengertian Media
Suatu medium (jamak: media) adalah
perantara/pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Media berasal dari
bahasa Latin yang merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang secara
harfiah berarti “perantara” atau “pengantar”, yakni perantara atau pengantar
sumber pesan dengan penerima pesan. Media pembelajaran bisa dikatakan sebagai
alat yang bisa merangsang siswa untuk supaya terjadi proses belajar. Sanjaya
(2008) menyatakan bahwa media pembelajaran meliputi perangkat keras yang dapat
mengantarkan pesan dan perangkat lunak yang mengandung pesan. Namun demikian,
media bukan hanya berupa alat atau bahan saja, tapi juga hal-hal lain yang
memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan.
Ø Kerucut Pengalaman Dale dan Ide Bunner terdiri dari:
o
Simbolik,
terdiri dari:
·
Simbol
Verbal
·
Simbol
Visual
o
Ikonik,
terdiri dari:
·
Tape
recorder/radio
·
Film
statis
·
Film
gerak
·
Televisi
o
Enactive,
terdiri dari:
·
Pertunjukkan
·
Karya
wisata
·
Demonstrasi
·
Pengalaman
dramatik
·
Pengalaman
buatan
Kerucut pengalaman memberikan
gambaran bahwa pengalaman belajar yang diperoleh siswa dapat melalui proses
perbuatan atau mengalami sendiri apa yang dipelajari, proses mengamati dan
mendengarkan melalui media tertentu dan proses mendengarkan melalui bahasa.
Semakin konkret siswa mempelajari bahan pelajaran, maka semakin banyak
pengalaman yang diperolehnya. Jika kita mencermati kerucut pengalaman tersebut,
maka dapat dikatakan bahwa pengetahuan itu dapat diperoleh melalui pengalaman
langsung dan tidak langsung. Semakin langsung objek yang dipelajari, maka
semakin konkret pengetahuan yang diperoleh, sebaliknya jika semakin tidak
langsung pengetahuan itu diperoleh, maka semakin abstrak pengetahuan siswa.
Berdasarkan uraian di atas maka kedudukan komponen media dan sumber belajar
dalam proses belajar mengajar memiliki peran dan fungsi yang sangat penting,
sebab tidak semua pengalaman belajar dapat diraih secara langsung. Dalam hal
ini media dan sumber belajar dapat digunakan agar dapat memberikan pengetahuan
yang konkret, tepat, dan mudah dipahami.
Ø Fungsi media pembelajaran:
o
Memperjelas
pesan agar tidak terlalu verbalistis.
o
Mengatasi
keterbatasan ruang, waktu tenaga dan daya indra.
o
Menimbulkan
gairah belajar, interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar.
o
Memungkinkan
anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori &
kinestetiknya.
o
Memberi
rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman & menimbulkan persepsi yang
sama.
Ø Kontribusi media pembelajaran:
o
Penyampaian
pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
o
Pembelajaran
dapat lebih menarik
o
Pembelajaran
menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
o
Waktu
pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
o
Kualitas
pembelajaran dapat ditingkatkan
o
Proses
pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
o
Sikap
positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat
ditingkatkan
o
Peran
guru berubahan kearah yang positif
Ø Persoalan yang sebaiknya menjadi bahan pertimbangan pengajaran
berbasis komputer:
o
Perangkat
keras dan lunak yang mahal dan cepat ketinggalan jaman
o
Teknologi
yang sangat cepat berubah, sangat memungkinkan perangkat yang dibeli saat ini
beberapa tahun kemudian akan ketinggalan zaman.
o
Pembuatan
program yang rumit serta dalam pengoperasian awal perlu pendamping guna
menjelaskan penggunaannya. Hal ini bisa disiasati dengan pembuatan modul
pendamping yang menjelaskan penggunaan dan pengoperasian program.
Ø Pemakaian komputer dalam kegiatan pembelajaran:
o
Untuk
Tujuan Kognitif yaitu komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip,
langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat
menjelaskan konsep tersebut dengan dengan sederhana dengan penggabungan visual
dan audio yang dianimasikan. Sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran
mandiri.
o
Untuk
Tujuan Psikomotor yaitu dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk
games & simulasi sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia
kerja. Beberapa contoh program antara lain; simulasi pendaratan pesawat,
simulasi perang dalam medan yang paling berat, simulasi sistem antrian dalam
teori antrian dan sebagainya.
o
Untuk
Tujuan Afektif yaitu bila program didesain secara tepat dengan memberikan
potongan clip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran
sikap/afektif pun dapat dilakukan mengunakan media komputer.
Ø Krtiteria pemilihan media pembelajaran
Kriteria yang paling utama dalam
pemilihan media adalah bahwa media adalah harus dengan tujuan pembelajaran atau
kompetensi yang ingin dicapai. Misalnya bila tujuan atau kompetensi siswa
bersifat menghafalkan kata-kata tentunya media audio yang tepat untuk
digunakan. Jika tujuan atau kompetensi yang dicapai bersifat memahami isi
bacaan maka media cetak yang lebih tepat digunakan. Kalau tujuan pembelajaran
bersifat motorik (gerak dan aktivitas), maka media film dan video bisa
digunakan. Selain pertimbangan tersebut Sanjaya (2008) mengungkapkan sejumlah
pertimbangan lain yang dapat kita gunakan dalam memilih media pembelajaran yang
tepat, yakni dengan menggunakan kata ACTION (Access, Cost, Technology,
Interactivity, Organization, Novelty).
o
Access,
artinya bahwa kemudahan akses menjadi pertimbangan pertama dalam
pemilihan media. Akses menyangkut aspek kebijakan, media yang diperlukan itu
tersedia, mudah dan dapat dimanfaatkan
o
Cost,
hal ini menyangkut pertimbangan biaya. Biaya yang dikeluarkan untuk
penggunaan suatu media harus seimbang dengan manfaatnya.
o
Technology,
dalam pemilihan media perlu juga dipertimbangkan ketersediaan
teknologiya dan kemudahan dalam penggunaannnya.
o
Interactivity,
media yang baik adalah media yang mampu menghadirkan komunikasi dua
arah atau interaktifitas.
o
Organization,
menyangkut pertimbangan dukungan organisasi atau lembaga dan
bagaimana pengorganisasiannya.
o
Novelty,
menyangkut pertimbangan aspek kebaruan dari media yang dipilih.
Media yang lebih baru biasanya lebih menarik dan lebih baik.
Source of:
UNIMED-Article-23452-Johannes Jefria Gultom.pdf
PEPENPERMANA-Makalah-Mediadansumberbelajar.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar