KAPASITOR
Nama Kelompok :
Nama :
Kelas :
I.
STANDAR
KOMPETENSI
1.
Mengenal
komponen elektronika
II.
KOMPETENSI
DASAR
1.
Memahami
prinsip kerja kapasitor
III.
INDIKATOR
1.
Siswa
mampu memahami susunan dasar rangkaian kapasitor
2.
Siswa
mampu menunjukkan hubungan antara tegangan, muatan listrik, dan kapasitansi
kapasitor
3.
Siswa
mampu menghitung nilai kapasitor dalam susunan seri dan paralel
4.
Siswa
mampu memahami pengaruh kapasitor pada komponen arus dan tegangan pada suatu
rangkaian
IV.
TUJUAN
1.
Memahami
susunan dasar rangkaian kapasitor
2.
Menunjukkan
hubungan antara tegangan, muatan listrik, dan kapasitansi kapasitor
3.
Menghitung
nilai kapasitor dalam susunan seri dan paralel
4.
Memahami
pengaruh kapasitor pada komponen arus dan tegangan pada suatu rangkaian
V.
LANDASAN
TEORI
Kapasitor adalah komponen elektronik yang terdiri atas dua keping
konduktor dengan ruang diantaranya berisi bahan dielektrik (penyekat), bisa
berisi udara, kertas ataupun aluminium oksida. Kedua konduktor diberi muatan
sama besar tetapi dengan jenis yang berlawanan ( + dan - ). Kemampuan kapasitor
untuk menyimpan muatan listrik disebut kapasitansi/kapasitas ( C ) dengan
satuan Farad, dimana :
C adalah kapasitansi (Farad), Q adalah banyaknya muatan (Coulomb),
V adalah tegangan (Volt).
Seperti resistor, di dalam rangkaian. Kapasitor dapat digunakan
dalam susunan seri maupun paralel. Muatan pada setiap kapasitor adalah sama
dengan muatan penggnti dalam rangkaian seri. Sedangkan pada rangkaian paralel,
besarnya beda potensialpada setiap kapasitor sama ddengan besarnyabeda
potensial pengganti rangkaian paralel.
Seri
C1 = Q / V1 V1
= Q / C1
C2 = Q / V2 V2
= Q / C2
Vab = Vtot = V1 + V2
V = ( Q / C1 ) + ( Q / C2 )
V = Q (1/C1 + 1/C2)
V = Q Ceq
Ceq = 1/C1 + 1/C2
Ceq = C equivalen
Paralel
Q1 = C1 . V Q2
= C2 . V
Q = Q1 + Q2 = C1 . V + C2 . V
Q = ( C1 + C2 ) V
Ceq = C1 + C2
VI.
ALAT
DAN BAHAN
1.
Project
Board
2.
Kabel
penghubung
3.
Multimeter
4.
Kapasitor
(10 μF, 100 μF)
5.
Resistor
(50 Ω, 100 Ω. 150 Ω)
6.
Catu
daya
VII.
LANGKAH-LANGKAH
1.
Rangkaian
Seri
a.
Susunlah
rangkaian sesuai pada gambar berikut:
A B C
b.
Hidupkan
catudaya lalu tutup saklar S. Baca alat
ukur tegangan untuk kapasitor di C1 yaitu di titik A-B
c.
Buka
saklar S kemudian pindahkan voltmeter dan ke titik B-C
d.
Baca
alat ukur voltmeter untuk C2
e.
Buka
saklar S kemudian pindahkan voltmeter ke titik A-C. Baca alat ukur voltmeter
masing-masing sebagai Vtot
f.
Ulangi
langkah-langkah di atas dengan sumber tegangan yang berbeda
2.
Rangkaian
Pararel
a.
Susunlah
rangkaian seperti gambar berikut:
b.
Hidupkan
catu daya kemudian tutup saklar S
c.
Baca
tegangan pada C1
d.
Buka
saklar kemudian pindahkan voltmeter pada C2
e.
Baca
tegangan pada C2
f.
Buka
saklar kemudian pindahkan voltmeter pada titik Ctot
g.
Baca
tegangan seluruh rangkaian masing-masing sebagai Vtot
h.
Ulangi
langkah-langkah di tasv dengan sumber tegangan yang berbeda
3.
Mencari
nilai komponen arus dan tegangan
a.
Susunlah
rangkaian seperti gambar berikut:
b.
Tutup
saklar 1 dan biarkan saklar 2 terbuka
c.
Ukurah
komponen arus dan tegangan
S1 R1 R2 S2
V
C1 R3 C2
VIII.
HASIL
PENGAMATAN
1.
Rangkaian
Seri
Tegangan Sumber
|
V1
|
V2
|
Vtot
|
Q1
|
Q2
|
Qtot
|
Ctot
|
3 V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12 V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Rangkaian
Paralel
Tegangan Sumber
|
V1
|
V2
|
Vtot
|
Q1
|
Q2
|
Qtot
|
Ctot
|
3 V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12 V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Komponen
Arus dan Tegangan
Nilai
komponen
|
Nilai Terukur
|
IR1
|
|
VC1
|
|
IR2
|
|
IR3
|
|
VC2
|
|
IX.
PERTANYAAN
1.
Jelaskan
bagaimana prinsip kerja dari kapasitor sebagai penyimpan muatan?
Jawab:
2.
Apa pengaruh
dielektrik terhadap kapasitas kapasitor?
Jawab:
3.
Jelaskan
hubungan muatan listrik yang disimpan oleh kapasitor saat dirangkai seri dan
paralel?
Jawab:
X.
KESIMPULAN
KAPASITOR
Nama Kelompok :
Nama :
Kelas :
I.
STANDAR
KOMPETENSI
1.
Mengenal
komponen elektronika
II.
KOMPETENSI
DASAR
1.
Memahami
prinsip kerja kapasitor
III.
INDIKATOR
1.
Siswa
mampu memahami susunan dasar rangkaian kapasitor
2.
Siswa
mampu menunjukkan hubungan antara tegangan, muatan listrik, dan kapasitansi
kapasitor
3.
Siswa
mampu menghitung nilai kapasitor dalam susunan seri dan paralel
4.
Siswa
mampu memahami pengaruh kapasitor pada komponen arus dan tegangan pada suatu
rangkaian
IV.
TUJUAN
1.
Memahami
susunan dasar rangkaian kapasitor
2.
Menunjukkan
hubungan antara tegangan, muatan listrik, dan kapasitansi kapasitor
3.
Menghitung
nilai kapasitor dalam susunan seri dan paralel
4.
Memahami
pengaruh kapasitor pada komponen arus dan tegangan pada suatu rangkaian
V.
LANDASAN
TEORI
Kapasitor adalah komponen elektronik yang terdiri atas dua keping
konduktor dengan ruang diantaranya berisi bahan dielektrik (penyekat), bisa
berisi udara, kertas ataupun aluminium oksida. Kedua konduktor diberi muatan
sama besar tetapi dengan jenis yang berlawanan ( + dan - ). Kemampuan kapasitor
untuk menyimpan muatan listrik disebut kapasitansi/kapasitas ( C ) dengan
satuan Farad, dimana :
C adalah kapasitansi (Farad), Q adalah banyaknya muatan (Coulomb),
V adalah tegangan (Volt).
Seperti resistor, di dalam rangkaian. Kapasitor dapat digunakan
dalam susunan seri maupun paralel. Muatan pada setiap kapasitor adalah sama
dengan muatan penggnti dalam rangkaian seri. Sedangkan pada rangkaian paralel,
besarnya beda potensialpada setiap kapasitor sama ddengan besarnyabeda
potensial pengganti rangkaian paralel.
Seri
C1 = Q / V1 V1
= Q / C1
C2 = Q / V2 V2
= Q / C2
Vab = Vtot = V1 + V2
V = ( Q / C1 ) + ( Q / C2 )
V = Q (1/C1 + 1/C2)
V = Q Ceq
Ceq = 1/C1 + 1/C2
Ceq = C equivalen
Paralel
Q1 = C1 . V Q2
= C2 . V
Q = Q1 + Q2 = C1 . V + C2 . V
Q = ( C1 + C2 ) V
Ceq = C1 + C2
VI.
ALAT
DAN BAHAN
1.
Project
Board
2.
Kabel
penghubung
3.
Multimeter
4.
Kapasitor
(10 μF, 100 μF)
5.
Resistor
(50 Ω, 100 Ω. 150 Ω)
6.
Catu
daya
VII.
LANGKAH-LANGKAH
1.
Rangkaian
Seri
a.
Susunlah
rangkaian sesuai pada gambar berikut:
C1 C2
A B C
V
b.
Hidupkan
catudaya lalu tutup saklar S. Baca alat
ukur tegangan untuk kapasitor di C1 yaitu di titik A-B
c.
Buka
saklar S kemudian pindahkan voltmeter dan ke titik B-C
d.
Baca
alat ukur voltmeter untuk C2
e.
Buka
saklar S kemudian pindahkan voltmeter ke titik A-C. Baca alat ukur voltmeter
masing-masing sebagai Vtot
f.
Ulangi
langkah-langkah di atas dengan sumber tegangan yang berbeda
2.
Rangkaian
Pararel
a.
Susunlah
rangkaian seperti gambar berikut:
C C1
D
P A
C2 B Q
V
b.
Hidupkan
catu daya kemudian tutup saklar S
c.
Baca
tegangan pada C2
d.
Buka
saklar kemudian pindahkan voltmeter ke titik C-D
e.
Baca
tegangan pada C1
f.
Buka
saklar kemudian pindahkan voltmeter pada titik P-Q
g.
Baca
tegangan seluruh rangkaian masing-masing sebagai Vtot
h.
Ulangi
langkah-langkah di tasv dengan sumber tegangan yang berbeda
3.
Mencari
nilai komponen arus dan tegangan
a.
Susunlah
rangkaian seperti gambar berikut:
b.
Tutup
saklar 1 dan biarkan saklar 2 terbuka
c.
Ukurah
komponen arus dan tegangan
S1 R1 R2 S2
V
C1 R3 C2
VIII.
HASIL
PENGAMATAN
1.
Rangkaian
Seri
Tegangan Sumber
|
V1
|
V2
|
Vtot
|
Q1
|
Q2
|
Qtot
|
Ctot
|
3 V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12 V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Rangkaian
Paralel
Tegangan Sumber
|
V1
|
V2
|
Vtot
|
Q1
|
Q2
|
Qtot
|
Ctot
|
3 V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12 V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Komponen
Arus dan Tegangan
Nilai
komponen
|
Nilai Terukur
|
IR1
|
|
VC1
|
|
IR2
|
|
IR3
|
|
VC2
|
|
IX.
PERTANYAAN
1.
Jelaskan
bagaimana prinsip kerja dari kapasitor sebagai penyimpan muatan?
Jawab:
2.
Apa pengaruh
dielektrik terhadap kapasitas kapasitor?
Jawab:
3.
Jelaskan
hubungan muatan listrik yang disimpan oleh kapasitor saat dirangkai seri dan
paralel?
Jawab:
X.
KESIMPULAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar